Gamifikasi adalah suatu metode edukasi yang dikemas dalam bentuk permainan. Dua aspek utama dari sebuah gamifikasi adalah valid dan fun. Valid berarti mampu menyampaikan isi konten sesuai dengan tujuan pembelajaran, dan fun berarti mampu menjaga ketertarikan peserta selama penyampaian konten berlangsung. Gamifikasi mendorong peserta untuk terlibat langsung dalam proses pembelajaran, sehingga memudahkan proses pemahamannya.

“Tell me and I forget, teach me and I may remember, involve me and I learn.”
Benjamin Franklin

Dalam pembuatan gamifikasi, perlu kerja sama antara content expert sesuai bidang terkait, psikolog / HR expert, dan gamification methodologist. Mereka memprediksi kemungkinan-kemungkinan perilaku yang akan terjadi dan merancang cara untuk memotivasi para peserta. Dengan begitu, para peserta menguasai kompetensi (knowledge and skills) sekaligus memperbarui pola pikirnya (attitude).

“Gamification aim at general behavioral change, resulting in outcomes perceived as positive. The analysis shows the effort to use gamification to become more persuasive is successful.”
Aleksandra Przegalińska (Gamification: Playing with Neuroscience)

Salah satu layanan yang Jamiko tawarkan adalah pembuatan gamifikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan organisasi Anda. Jamiko mempunyai dukungan dari berbagai content experts, dari segi fungsional (pemasaran, keuangan, dll) maupun segi industri. Jamiko akan menganalisis kebutuhan organisasi Anda dan merancang gamifikasi yang akan mendukung Anda mencapai tujuan.

“I am happy to let my business process gamified, it increases my employees’ productivity and reduces waste level in our daily operation.
Gabe Zichermann (The Gamification Revolution)

Simak beberapa cerita kami>>

Kontak Kami untuk Pembuatan Gamifikasi