Halo! Terima kasih karena telah mengunjungi website kami. Pada bagian ini, kami ingin mengajak Anda untuk mengembangkan diri bersama kami.

Untuk menyambut Anda, kami telah menyiapkan sebuah permainan sederhana yang tidak hanya interaktif, namun juga edukatif. Kami harap permainan ini akan menghibur sekaligus memberikan nilai tambah bagi Anda.

Silakan mainkan langsung dengan klik di sini!


Selain permainan di atas, kami juga ingin mendukung pengembangan diri Anda dengan menerbitkan artikel-artikel praktis yang menarik. Di bawah ini, kami telah mencantumkan 3 dari banyak artikel yang kami sediakan.

Tertarik untuk membaca lebih dari 3 artikel? Kumpulan artikel kami dapat Anda nikmati secara gratis dengan klik di sini!


Gagal bikin Start Up? Kenapa ya

article by Jamiko-BIU
Photo by Eva Elijas on Pexels.com

Hai biuers,

Sering banget gak sih kita mendengar katanya mending bangun usaha dibanding kerja sama orang ? Dan sering juga dengar kalo anak muda sih mending buat Start-Up ,tapi pas sudah nyoba gak jarang loh yang mengalami namanya KEGAGALAN.

ada yang “kapok” gak mau untuk mencoba lagi, ada juga yang jatuh bangun untuk coba berbagai macam cara, bahkan terkadang usaha ini menjadi pilihan pelarian…

Jadi sebenarnya apa yang salah ya , padahal sudah usaha namun ternyata Gagal terus. Pernahkah biuers mengalami hal ini juga ?

Photo by Daria Shevtsova on Pexels.com

Membangun sebuah usaha bukanlah perkara yang mudah, perlu banyak perencanaan, mental, mau melangkah, mau belajar, dan pantang menyerah. Tapi sering kali hal ini tidak terpikirkan ketika kita memilih untuk terjun dalam dunia berbisnis. Kita terbiasa tidak menyerap keseluruhan informasi yang ada, yang selalu dilihat adalah pengusaha itu enak, uangnya banyak, waktunya juga, tapi itu hanya sepenggal cerita saja loh, apakah kita sudah juga mendengarkan dan melihat bagaimana perjuangan, komitmen , jatuh bangun, pengorbanan di dalamnya ?

Hal ini mendasari kebanyakan orang mengambil keputusan singkat untuk mau melangkah ke USAHA, tanpa memikirkan apa yang harus mereka lakukan dan persiapkan karena ini sebuah keputusan besar.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan keputusan untuk membangun sebuah usaha JIKA dari diri kita sendiri sudah berkomitmen penuh dan mau menanggung segala efek dan resiko dari keputusan yang kita buat.

Kebanyakan kegagalan ini bersumber dari tidak ada pertimbangan yang matang juga komitmen didalam prosesnya. Faktor lain nya adalah kita menjadikan pilihan bisnis ini bukan pilihan utama kita, jadi dalam arti kita masih punya banyak pilihan lain yang ada digenggaman kita, sehingga menjadi tidak fokus dan akhirnya menemukan kegagalan, bukannya berjuang lagi untuk bangkit, karena kita masih ada pilihan lain maka kecenderungannya melepas usaha yang sedang dibangun dan akhirnya “bubar jalan”.

Jadi untuk membuat usaha yang SUKSES, apa yang harus kita lakukan ??

1 hal PALING UTAMA yaitu KOMITMEN dari DIRI SENDIRI

Sebelum memulai usaha / bisnis, tanyalah kepada diri sendiri beberapa pertanyaan paling mendasar :

  1. Apakah keputusan ini adalah keputusan yang memang menjadi keinginan dan goal yang serius ingin saya capai ?
  2. Apa goal yang ingin anda capai dari bisnis ini ?
  3. Apakah siap berkorban dan berkomitmen dalam setiap prosesnya hingga nantinya tercapai ?
  4. Apakah ini adalah pilihan cadangan atau pilihan utama untuk diri saya ?
  5. Apakah sudah siap untuk belajar secara terus menerus didalam prosesnya ?

Jika semua jawabannya sudah mantap dan bisa yakin juga , maka barulah anda melangkah ke step selanjutnya yaitu :

  1. Bangunlah ide bisnis anda dengan matang, dan taruhlah goal-goal setting yang ingin anda capai
  2. Buatlah perencanan yang matang terhadap bisnis ini
  3. Hitunglah modal apa saja yang diperlukan , dan mulailah mengumpulkannya
  4. Jangan takut untuk melangkah, tidak ada bisnis yang langsung SUKSES , semua membutuhkan pembelajaran berkelanjutan juga pengalaman
  5. COBA LAGI & LAGI, jangan menyerah temukan model yang paling sesuai dengan bisnis anda
  6. Carilah mentor dan lingkungan yang tepat untuk anda, seorang pembisnis harus memiliki lingkungan POSITIVE.

Ingatlah bahwa setiap pilihan selalu ada plus dan minusnya, dalam arti akan menimbulkan dampak, baik bagi diri kita juga lingkungan kita, lagi-lagi BIJAKLAH dalam mengambil keputusan dan bereaksi terhadap apapun yang terjadi, karena pilihan kita sangat menentukan bagaimana kita menjalani proses hidup kita, dan menjadikan kita SUKSES.

Salam,

Jamiko-BIU


Hidup lebih mudah dengan menguasai Critical and Creative Thinking

by JamikoBIU

Photo by Ron Lach on Pexels.com

Hi Biuers,

Pernah gak sih kita merasa stuck dalam hidup kita ? Merasa bahwa gak akan jalan keluar, merasa kayaknya ada dinding besar yang menghalangi jalannya kita, dan kita “mentok” gak bisa kemana-mana ?

YES, semua orang pernah mengalami kejadian seperti ini, dan lanjut pertanyaannya kira-kira kalo kalian lagi ada diposisi itu , apa yang kalian lakukan?

Jawaban terbanyak adalah MENYERAH , jadi ternyata fakta nya ketika kita mengalami hal tersebut, kecenderungan kita adalah menyerah, contoh-contoh tindakannya adalah putus asa, gak mau coba lagi, menyesali keputusan, merasa stress, depresi, dan masih banyak lagi. Memang tidak mudah untuk mengubah pola pikir kita ketika kita menghadapi situasi itu, hal ini karena kita belum TERBIASA untuk berpikir kritis dan kreatif.

Photo by cottonbro on Pexels.com

Kebanyakan dari kita terlalu terfokus untuk menghafal ketika belajar bukan menggali, memahami dan mengerti, sehingga otak kita terbiasa untuk melakukan hal yang berulang yang sudah kita hafal. Ini menjadi masalah untuk kita, ketika dalam hidup kita menghadapi tantangan dan hambatan, kita sebenarnya dituntut untuk menggali , memahami dan mengerti. Namun karena tidak terbiasa , hal ini menjadi hal yang sulit untuk dilakukan, padahal seharusnya CRITICAL & CREATIVE THINKING ini dilatih sedini mungkin sehingga ketika dewasa kita menjadi TERBASA dan menjadi lebih MUDAH untuk menghindari masalah, mendapati solusi, dan menemukan jalan dan cara.

Wah berarti gimana donk kalo sampai sekarang belum menguasai Critical & Creative thinking ?

Tenang.. Tenang ,..

Tidak ada kata terlambat untuk bisa mengusaia CRITICAL & CREATIVE THINKING, dan setiap orang masih punya kesempatan yang snaat besar untuk menguasai softskill ini. Sebelum kita bahas tips & tricknya , yu kenal dulu lebih dalam mengenai Critical & Creative Thinking

Photo by Keira Burton on Pexels.com

Berpikir kritis (Critical Thinking ) adalah kemampuan untuk berpikir jernih dan rasional tentang apa yang harus dilakukan atau apa yang harus dipercaya. Ini mencakup kemampuan untuk terlibat dalam pemikiran reflektif dan mandiri. Seseorang dengan keterampilan berpikir kritis mampu melakukan hal berikut: memahami hubungan logis antar ide.

Berpikir Kreatif ( Creative Thinking ) adalah kemampuan untuk mempertimbangkan sesuatu dengan cara baru. Ini mungkin pendekatan baru untuk suatu masalah, resolusi konflik , atau hasil baru dari kumpulan data.

Dengan kombinasi antara Critical & Creative Thinking bisa membuat hidup kita menjadi lebih mudah, kenapa ?

  1. Karena kita bisa memilih hal yang benar-benar penting dan logis untuk dipertimbangkan
  2. Mengesampingkan pemikrian-pemikiran berlebihan dan negativ karena tidak logis dan hanya membuang energi kita saja
  3. Menemukan berbagai macam cara untuk menanggapi sesuatu
  4. Mempunyai sudut pandang yang luas sehingga bisa melihat peluang
  5. Bisa mengubah pemikiran ide menjadi hal yang mungkin untuk dilakukan dan efektif

Dan masih banyak lagi, namun selain membuat hidup menjadi lebih mudah dengan penguasaan Critical & Creative Thinking kita juga bisa MEMPERBESAR PELUANG KESUKSESAN kita. Karena rasa menyerah dan hilang arah juga tujuan, akan kecil kemungkinannya untuk dialami jika mengusai softskill ini.

Sekarang bagaimana cara mengasahnya ?

Untuk melatih softskill dan framework berpikir ini perlu LATIHAN , sehingga ada proses, dan bukan hal yang langsung dalam sekejap otomatis bisa dilakukan otak kita. Kita perlu MEMBIASAKAN proses yang dilakukann otak kita sehingga bisa menerapkan framework yang tepat. Beberapa tips mudah untuk dilakukan adalah :

  1. menerapkan konsep WHY ?

Yu kita mulai membiasakan untuk bertanya dalam setiap hal yang kita temui. Kenapa sih begitu ? Kenapa harus begini ? Apa sih akibatnya ? Dengan membiasakan bertanya, kita terbiasa untuk menganalisis setiap kejadian dan kondisi, disana kita juga akan memilah mana yang logis dan tidak, dan dari situ kita mulai menilai apakah tepat atau tidakdan sebaiknya sebenarnya seperti apa.

2. Bermain peran untuk mengubah sudut pandang

Untuk melatih sudut pandang yang luas, coba kita membuat seakan-akan kita sedang memainkan sebuah games “peran” dimana kita menukar posisi kita dengan posisi orang lain. Bayangkan anda menjadi mereka , apa yang kira-kira anda pikirkan, apa yang kira-kira menjadi tindakan dan keputusan anda. Dengan begitu anda bisa memahami lebih banyak sudut pandang selain dari diri sendiri

3. Membaca dan mempelajari hal baru

Untuk mendukung perkembangan kita tentu harus diimbangi dengan banyaknya wawasan yang kita pelajari, dengan membaca dan belajar hal baru kita menjadi lebih creative , memiliki banyak pilihan, dan ide-ide fresh dan dengan diimbangi kebiasaan baik lainnya maka kita bisa mengkombinasikan semuanya menjadi hal yang SOLUTIF.

Cara-cara diatas adalah beberapa alternatif untuk kita bisa menguasai Critical & Creative Thinking.

Selain tips yang kami berikan, JAMIKOBIU mau kasih kesempatan juga nih buat kalian bisa dapet training , baik biuers yang mau training buat personal, buat anak, ataupun biuers mau memasukan sekolah/komunitas/group kalian sehingga bisa mendapatkan FREE TRAINING tentang Critical & Creative Thinking, yu bisa klik tombol dibawah ini

DAPATKAN FREE TRAINING Critical & Creative Thinking

DAFTAR sekarang , JANGAN SAMPAI KEHABISAN ya karena slot TERBATAS

Salam Sukses,

JamikoBIU


Penting Hardskill atau Softskill ya ??

By JamikoBIU

Hi Biuers,

Sering banget kan kita denger bahwa hard skill dan soft skill itu penting banget , yang katanya perlu banget kita upgrade … Dimana 2 hal ini bisa menentukan kesuksesan dari kita,

Tapi mana yang harus kita kuasai, apa saja sih , gimana sih caranya ? Kalo gini kok rasanya banyak banget PR untuk kita pelajari, apa sanggup ? Jangan-jangan kalo gak sanggup, malah gak suksess…

Eitss, tunggu dulu, pertanyaan-pertanyaan itu sangat bisa terjawab kalo kita sudah punya pemahaman yang tepat tentang hard skill dan soft skill, sehingga kita bisa menentukan mana yang kita butuhkan dan harus kita pelajari lebih dahuli untuk menunjang goal kita. Yu bahas lebih dalam ,..

Apa itu Hard Skill ?

Hardskill merupakan  kemampuan teknis ini sangat diperlukan oleh pekerja dalam rangka melaksanakan serangkaian tugas-tugas pokok untuk mencapai tujuan pekerjaan. Dimana hardskill sendiri bisa diasah dan kita pelajari dengan belajar dan berlatih. Dimana ilmu-ilmu ini bisa dipelajari sesuai minat dan bakat dan juga jenis pekerjaan yang kamu tuju.

Hardskill bisa didapatkan dari lembaga pendidikan, kursus, les, buku, literature, magang, training, sertifikasi, bahkan dengan kemajuan digital sekarang bisa dipelajari lewat internet, youtube, dan masih banyak channel lainnya.

Contoh-contoh hardskill adalah seperti : Marketing, Desain, Teknologi, Manajemen, Keuangan, Akuntansi. Dan dengan banyaknya sumber belajar saat ini , sangat mudah untuk bisa melakukan upgrade hardskill untuk kita, tinggal kita memilih mana sih hardskill yang sesuai dengan pekerjaan yang ingin kita tuju dan kuasai sebagai bekal berkarir dan sukses kita. Konsultasi kecocokan karakter anda dengan hardskill anda

Apa itu Softskill ?

Softskill adalah sebuah kemampuan karakteristik yang dimiliki individu dalam merespon lingkungannya. Softskill sendiri merupakan atribut personal yang bersangkut paut dengan kepribadian kita. Untuk melatih softskill sangat berbeda dengan hardskill , bukan dihafal dan dimengerti konsepnya, namun harus ada latihan mengontrol diri , berinteraksi, kepekaan. Dimana efeknya adalah perilaku yang berimbas kepada kemampuan softskill kita.

Mengapa menjadi sangat penting ? Karena sekarang kita sudah memasuki era teknologi dan digital dimana, pekerjaan manusia semakin banyak yang digantikan oleh mesin seperti robot. Sehingga saat ini persaingan bukan hanya di hadapi individu dengan individu, namun juga individu dengan mesin. Dan salah satu faktor manusia tidak bisa digantikan oleh robot/mesin adalah kemampuan Softskill.

Untuk meningkatkan kemampuan softskill , bisa didapatkan lewat training, pelatihan, dimana bukan saja mentransfer ilmu namun juga adanya pendampingan praktek dan pemberian mentor juga coach. Untuk menunjang perkembangan softskill kita sangat perlu pendamping seperti mentor dan coach yang cocok dimana mereka bisa membimbing, mengingatkan, memberitahu, dan memberikan masukan juga kritik dimana hal-hal ini sangat diperlukan dalam proses membangun softskill.

Contoh-contoh softskill : critical thinking, problem solving, dealing with people, communication, leadership, dan masih banyak lagi. Dan untuk saat ini, mempelajari softskill sedini mungkin menjadi hal yang penting untuk menunjang seseorang sukses dalam setiap bidang.
Konsultasikan Softskill apa yang harus Anda kembangkan

Jadi mana yang lebih Penting ?

Kedua nya merupakan hal yang penting dan memang harus di upgrade secara terus menerus. Memang cukup banyak namun hal ini dapat diatasi dengan membuat List sebenarnya skill apa saja yang harus dikuasai saat ini yang dapat mendukung aktivitas, pekerjaan, dan pencapaian goal kita.

Jadi yang harus kita lakukan sekarang adalah membuat list perencanaan apa saja hardskill dan softskill yang kita butuhkan , dimana dan bagaimana mendapatkannya, juga dateline kapan kita harus menguasai hardskill dan sofskill tersebut.

Jangan tunda lagi, upgrade diri sekarang sehingga bisa mempercepat pencapaian dari diri kita.
Dapatkan konsultasi gratis untuk Upgrade diri